Pemrograman, Teknologi

Menggunakan Nox App Player Sebagai Android Emulator React Native dengan Expo

Posted by Andika Saputra on 27 April 2020

Beberapa developer / programmer apliksi mobile terutama Android, mungkin merasakan bahwa emulator Android dari Google terasa sangat berat bagi komputer / laptop yang dimiliki. Sehingga terfikir untuk menggunakan emulator pihak ketiga yang terasa lebih ringan. Itulah yang nyatanya saya alami. Saya sempat memilih mencoba menggunakan genymotion, tetapi ternyata tidak ada yang versi gratis, hingga akhirnya saya menggunakan Nox App Player.

Awalnya cukup bingung bagaimana caranya agar expo bisa menggunakan Nox sebagai emulator. Sudah mencoba beberapa tutorial tp ternyata tetap tidak bisa. Tapi setelah beberapa jam mengotak-atik akhirnya ketemu sebuah cara agar Nox App Player bisa digunakan sebagai Emulator menggunakan Expo.

Oh ya, sebelumnya, saya infokan dulu versi Nox yang saya gunakan di sini adalah versi 6.6.0.5206, kemudian adb versi 1.0.41, dan expo versi 37.0.3

Baca Juga:  Cara Download Install Setting Path MinGW

Pertama, Ubah Resolusi Menjadi Mobile Phone

Karena yang saya buat adalah aplikasi smartphone, jadi resolusi emulatornya saya ubah menjadi mobile phone. Masuk ke system setting, dengan klik tombol gear di sebelah atas, kemudian masuk ke Performance settings, ubah resolution setting menjadi Mobile phone, dan silahkan pilih resolusi yang diinginkan. Di sini saya menggunakan resolusi 720×1280. Kemudian klik Save Settings, maka Nox akan direstart.

change resolution to mobile phone

Kedua, Koneksikan adb ke Nox App Player

Setelah resolusi diubah sesuai kebutuhan, selanjutnya koneksikan adb ke nox player, dengan cara yang cukup mudah. Buka terminal / command prompt / power shell, atau terminal emulator apa pun. Di sini saya menggunakan cmder. Ketik

adb connect 127.0.0.1:62001

Port 62001 adalah port bawaan nox untuk terhubung dengan Nox App Player

Baca Juga:  Mengubah Baris Menjadi Kolom Pada Query SQL

koneksikan adb ke nox

Ketiga, jalankan App React Native dengan Expo

Jalankan expo dengan npm start atau yarn start, kemudian pilih run in Android Emulator. Jika di Nox belum terinstall Expo Client, maka otomatis akan mendownload secara otomatis oleh Expo Server dan diinstall ke Nox. Kemudian akan terbuka aplikasi yang kita buat, tapi beberapa saat akan muncul error.

Ulangi Run in Android Emulator

Setelah muncul pesan error seperti di atas, jalankan lagi perintah Run in Android Emulator melalui terminal atau web browser, maka akan muncul Window Debugger, dan aplikasi react native sudah terbuka di Nox App Player.

debugger App React Native terbuka

Kira-kira seperti itulah cara untuk menggunakan Nox App Player Untuk React Native dengan Menggunakan Expo. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Mengatasi Pulsa Indosat Terpotong Sendiri Dengan Aplikasi myIM3
Tags : , , , ,