Teknologi

Mengatasi Pulsa Indosat Terpotong Sendiri Dengan Aplikasi myIM3

Posted by Andika Saputra on 1 Januari 2019

Halo semua, kali ini saya akan membagikan tips untuk mengatasi masalah pulsa Indosat yang sering terpotong / berkurang sendiri tanpa ada alasan yang jelas dengan menggunakan aplikasi myIM3. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yang sudah cukup frustasi, karena baru beberapa hari beli pulsa tiba-tiba tidak bisa untuk telepon karena pulsa yang berkurang sendiri. Dan diketahui bahwa hal itu disebabkan oleh beberapa pihak / layanan berlangganan yang mungkin secara tidak sengaja kita ikuti.

Saya juga sudah melakukan beberapa kali usaha untuk menghentikan kejadian ini, dengan mengikuti banyak cara yang tersebar di internet, mulai dari via SMS, via USSD (*xxx*xx#), tapi tetap sama saja. Karena dalam beberapa cara itu nomor tujuan SMS, atau pun format USSD nya berbeda, saya menyimpulkan sendiri bahwa kemungkinan bahwa satu trik / cara itu hanya untuk menghentikan layanan berlangganan tertentu. Sedangkan kita mungkin saja tidak tahu, layanan apa saja yang kita ikuti.

Baca Juga:  Konverter DVI-D 24+1 pin to VGA Tidak Berfungsi

Sampai akhirnya beberapa waktu lalu, saya melihat di dalam aplikasi myIM3 ada bagian “LANGGANAN KONTEN“. Sebenarnya saya sudah lama melihat itu, tapi entah mengapa tidak ada rasa ketertarikan untuk mengulik lebih jauh. Baru akhirnya beberapa waktu yang lalu itu, saya coba mengulik, dan akhirnya bisa digunakan untuk menghilangkan semua layanan konten yang sudah lama menguras pulsa saya. Dan begini adalah caranya.

Pertama, Install & Login ke aplikasi myIM3

Ya, tentu saja harus install aplikasi myIM3. Sebenarnya bisa tanpa install aplikasi ini, tapi kita tetap butuh aplikasi ini, yaitu dengan menggunakan aplikasi yang ada di handphone orang lain. Tetapi lebih disarankan untuk menginstall di handphone sendiri, agar prosesnya lebih simpel. Untuk yang menggunakan featurephone, bisa pinjam smartphone orang lain dulu, dan pindahkan kartu SIM ke smartphone tersebut.

Baca Juga:  Mengenal MySQL

Setelah terinstall, login ke aplikasi myIM3 tersebut. Kalau belum punya akun, bisa daftar dulu di aplikasi myIM3 juga.

Kedua, Masuk ke Menu Sisa Kuota

Setelah berhasil login, pilih bagian SISA KUOTA seperti gambar di bawah. Kalau misal tidak ada paket yang aktif, tetap akan muncul bagian itu, hanya saja tertulis 0 (nol) GB.

tampilan awal aplikasi myIM3
Tampilan Awal myIM3

Di situ akan terlihat daftar layanan konten yang aktif di nomor yang digunakan. Nah, sekarang bisa ketahuan layanan apa saja yang biasa menguras pulsa.

Ketiga, Berhenti Berlangganan

Untuk menghilangkan layanan itu, pilih option (tiga titik vertikal di sebelah kanan), kemudian pilih berhenti berlangganan.

Tampilan Daftar Langganan Konten
Daftar Langganan Konten
Tampilan pilihan berhenti berlangganan
Berhenti Berlangganan

Maka akan terbuka aplikasi SMS yang akan digunakan untuk menghentikan layanan. Di aplikasi SMS juga otomatis akan tertulis format untuk berhenti berlangganan dan nomor tujuan, cukup kirim saja.

Tampilan SMS berhenti berlangganan
SMS Berhenti Berlangganan

Tunggu beberapa saat, akan muncul SMS konfirmasi dan atau pemberitahuan, cukup setujui saja. Lakukan untuk semua layanan langganan konten yang aktif.

Baca Juga:  Tips Memilih Hosting, Kenali Dulu Istilah Di Dalamnya
Pemberitahuan SMS
Pemberitahuan SMS

Selanjutnya silahkan cek di aplikasi myIM3, jika langganan konten sudah tidak ada, berarti nomor yang digunakan sudah tidak terdaftar langganan konten apa pun. Dan seharusnya tidak akan ada lagi kasus pulsa tiba-tiba berkurang dengan tidak wajar.

Tampilan langganan konten sudah tidak ada
Langganan Koneten Sudah Hilang

Demikianlah pengalaman sekaligus tips dari saya untuk mengatasi pulsa Indosat yang sering berkurang dengan menggunakan aplikasi myIM3. Semoga dapat membantu.

Tags : , , , , , ,