Tips Cara Memilih Web Hosting Yang Baik

Posted by Andika Saputra on 26 Februari 2017

Sebelumnya saya sudah membahas tentang tips memilih web hosting dengan mengetahui istilah dalam web hosting. Nah, sekarang saya akan berbagi tentang tips lain cara memilih web hosting yang baik. Selain mengetahui spesifikasi dari istilah di dalam server web hosting itu sendiri, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan. Nah, apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih web hosting yang baik?

Memilih Lokasi Server Yang Baik

Dalam memilih sebuah web hosting, lokasi dari server harus diperhitungkan. Hal ini akan mempengaruhi kecepatan dari akses pengunjung ke website kita. Pilihlah server web hosting yang berlokasi paling dekat dengan target pengunjung website.

Misalkan kita membuat sebuah website tentang tutorial yang berbahasa indonesia, yang tentu saja targetnya adalah orang Indonesia, maka pilihlah lokasi web server di Indonesia atau Singapura. Semakin dekat lokasi server web hosting dengan lokasi pengunjung, maka semakin cepat pula proses upload dan download content.

Memilih Disk Space Yang Baik

Semakin besar ukuran disk space, maka makin banyak juga konten yang bisa ditampilkan di website kita. Jadi, pilihlah web hosting yang memiliki space yang besar. Tapi biasanya untuk disk space yang besar, harganya lumanyan lebih mahal. Pilihlah web hosting dengan disk space yang tidak terlalu besar, kemudian jika memang disk space penuh, tinggal upgrade layanan saja.

Bandwidth Yang Besar

Yang perlu diingat di sini adalah bahwa bandwidth ini bukanlah kecepatan jaringan dari server web hosting. Bandwidth di sini lebih seperti kuota internet yang biasa kita gunakan, dan biasanya berwaktu bulanan. Misalkan sebuah web hosting memiliki bandwidth 2GB per bulan, berarti dalam 1 bulan itu hanya bisa melayani transfer data (upload & download) sebesar 2GB.

Namun saat ini, kebanyakan penyedia web hosting memberikan bandwidth unlimited.

Addon Domain & Subdomain

Dengan adanya dukungan untuk banyak addon domain atau banyak subdomain, kita bisa membuat banyak website hanya dengan sekali beli web hosting. Tapi janganlah terlalu mencari yang mendukung banyak addon atau subdomain jika memang hanya digunakan untuk satu website.

Memberikan Sertifikat SSL

Pilihlah web hosting yang menyediakan sertifikat SSL (Secure Socket Layer). Kenapa harus SSL?

Dengan menggunakan SSL, lalu lintas data antara web server dengan komputer client akan dienkripsi, sehingga transaksi menjadi lebih aman dari tangan hacker atau penjahat dunia maya. Selain itu, dengan digunakannya SSL, akan membantu dalam peningkatan SEO di mesin pencari Google.

Saat ini sudah mulai banyak penyedia web hosting yang memberikan fitur SSL gratis dari Lets Encrypt. Atau bisa juga membeli addon SSL berbayar seperti Comodo SSL.

Penutup

Nah, itu lah beberapa tips cara memilih web hosting yang baik untuk meningkatkan performa website kita.