Pengguna Linux, Mungkinkah Menjadi Desainer?

Posted by Andika Saputra on 8 Februari 2017

Hampir pasti seorang desainer diidentikan dengan pengguna Macbook atau semua hal yang bermerk apple. Mulai dari iPhone hingga iMac. Memang tak bisa dipungkiri bahwa produk Apple memang sangat memanjakan para desainer dengan produk yang dibuatnya. Tapi perlu disadari juga bahwa produk-produk tersebut memang memiliki harga yang cukup tinggi, baik itu harga perangkat atau pun software yang ada di dalamnya.

Tapi bagaimana klo pingin jadi desainer, tapi tidak ada dana untuk membeli perangkat-perangkat yang wah itu? Ya mungkin tidak sedikit orang yang akhirnya menggunakan platform Windows, dan mungkin menggunakan software-software yang ilegal atau versi pak tani alias bajakan. Ada baiknya kita gunakan software atau peralatan yang legal, toh akhirnya kita juga nggak mau kan kalau karya yang telah dibuat malah dipergunakan orang lain dengan seenaknya dan tanpa permisi.

Platform Linux saat ini menjadi pilihan paling mungkin untuk orang-orang yang tidak memiliki dana yang cukup. Tapi apa mungkin, menjadi desainer menggunakan platform Linux?

Bisakah Pengguna Linux Menjadi Desainer?

Pertanyaan di atas dapat dijawab dengan sangat mudah, yaitu “BISA“.

Memang, prosesnya akan lebih sulit. Sebut saja dalam installasi software yang lebih ribet, karena harus install dependensi dan harus memiliki koneksi internet. Sebut saja inkscape, ketika ingin menggunakan salah satu extension harus menginstall dependensi tambahan yang tidak diminta ketika proses instalasi. Ini sangat berbeda dengan platform Apple atau Windows, yang semua dijadikan satu paket installasi. Ketika sudah di install, semua sudah bisa dipakai tanpa perlu install dependensi tambahan lagi.

Kemudian untuk teknologi layar, produk buatan Apple memang memiliki kualitas yang sangat baik jika dibandingkan platform lain. Hal itu selain karena perangkat hardware nya, juga didukung oleh software yang ada di dalamnya.

Dan yang pasti, tutorial atau komunitas desainer banyak yang menggunakan perangkat dari Apple. Jadi, jika ada masalah, banyak yang membantu. Tapi desainer yang menggunakan linux tidak banyak. Jadi, cukup sulit untuk mempelajari penggunaan software-software tersebut, karena memang tutorial yang tersedia cukup sedikit.

Akan tetapi, sulit bukan berarti tidak bisa. Saya juga dulu sangat tertarik dengan dunia desain, khususnya web design, dan tentu saja menggunakan photoshop & ilustrator yang bajakan (Tapi OS Windows nya asli). Tetapi karena saya semakin sadar dengan penggunaan barang yang legal, saya beralih menggunakan linux. Tapi karena saat itu saya sangat kesulitan menggunakan software GIMP dan Inkscape, akhirnya saya pindah haluan ke dunia programming. Sampai suatu saat saya menemukan sebuah channel di Youtube yang membahas mengenai tutorial desain menggunakan inkscape. Saat itu saya langsung tonton video di dalamnya, dan itu yang membuat saya untuk lebih berusaha keras menjadi #linuxdesigner.

Bagi yang ingin belajar juga menjadi desainer dengan platform linux, bisa coba cari channel di Youtube Nick Saporito . Di situ banyak tutorial bagus mendesain dengan menggunakan inkscape.