Cara Mengatasi Apache Yang Tidak Bisa Start Karena Port 80 Digunakan PID 4

Posted by Andika Saputra on 9 Desember 2015
Cara Mengatasi Apache Yang Tidak Bisa Start Karena Port 80 Digunakan PID 4

Teman teman mungkin pernah mengalami masalah ketika akan menggunakan XAMPP. Ketika sudah siap untuk coding, ternyata tidak bisa mengaktifkan apache di XAMPP. Dan di sana tertulis bahwa port 80 in use (port 80 telah digunakan) oleh proses yang memiliki PID 4. Dan ketika dicek, ternyata PID 4 adalah System. Seandainya saja yang menggunakan port 80 bukanlah proses yang penting seperti system (PID 4), mungkin kita bisa mematikan proses tersebut agar apache dapat menggunakan port 80 seperti seharusnya.


Tapi karena yang menggunakan port 80 adalah system, kita tentu tak dapat mematikan proses tersebut. Yang mungkin kita lakukan adalah mengganti port yang akan digunakan oleh apache selain port 80. Ini bisa saja dilakukan dengan mudah dengan mengganti port di file httpd.conf seperti port 8080. Tetapi mungkin ada beberapa orang yang kurang nyaman bila harus menambahkan :8080 di address bar atau di configurasi url project kita.

Solusi lain adalah dengan mencegah System (PID 4) untuk menggunakan port 80. Kita dapat melakukannya untuk mengatasi apache yang tidak bisa start karena port 80 digunakan PID 4, dengan melakuakan sedikit perubahan registry.

Buka Registry Editor, dengan tekan tombol Windows + R (run) ketikkan regedit dan tekan enter. masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesHTTP
Selanjutnya adalah buka Start pada window bagian kanan, kemudian ubah nilainya menjadi 4

Kemudian restart komputer / laptop.
Setelah menyala, silahkan coba untuk mengaktifkan kembali apache. Seharusnya apache dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Demikianlah tulisan mengenai cara mengatasi apache yang tidak bisa start karena port 80 digunakan pid 4. Semoga dapat membantu