Pemrograman, Uncategorized

Belajar Perualangan di Dalam PHP

Posted by Andika Saputra on 22 Maret 2015

Kali ini kita akan belajar tentang perulangan di dalam php. Bagi yang pingin belajar tentang php maupun perulangan, baca terus sampai bawah ya..
Perulangan atau biasa disebut looping adalah proses yang dilakukan selama berulang ulang ketika suatu kondisi bernilai true / benar faktanya.
Syarat terjadinya perulangan yang pertama adalah adanya nilai awal, kondisi, kemudian yang terakhir perubahan nilai.
Contohnya seperti ketika makan. nilai awalnya adalah kita lapar, kemudian kondisinya adalah kita tidak kenyang, dan perubahan nilainya adalah menjadi agak kenyang.

Jadi ketika kita lapar, kita akan makan, kemudian dicek apakah kita tidak kenyang, ketika pernyataan kita tidak kenyang itu bernilai benar / true, maka terjadi perulangan makan, akan tetapi kadar “tidak kenyang” mulai berkurang. hingga akhirnya ketika pernyataan “tidak kenyang” itu berniali salah / false (sudah kenyang), maka perulangan berhenti.

Di dalam perulangan ada beberapa jenis perulangan seperti for, while, do while. setiap perulangan memiliki aturan dan karakteristik masing masing.

1. for
penulisannya :
for(nilai awal; syarat kondisi; perubahan nilai){
statement / perintah yang akan diulang.
}
contoh : kita akan membuat perulangan angka dari 1 – 10
pertama kita atur nilai awal angka = 1, syaratnya angka <= 10, perubahannya angka++ (angka + 1) for($angka = 1; $angka <= 10; $angka++){ echo $angka.”&npsp;”; } itu berarti kita akan membuat perulangan mencetak angka mulai dari angka = 1 (sesuai nilai awal). setiap terjadi perulangan, nilai dari angka ditambah satu ($angka++). terjadi perulangan sebanyak 10 kali, karena perubahan nilai adalah angka+1, dan syaratnya adalah angka kurang dari atau sama dengan 10. hasilnya : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

2. while
penulisannya :
while(syarat kondisi){
statment / perintah yang akan diulang.
}
hampir sama dengan perulangan for, akan tetapi perulangan dengan while lebih sering digunakan untuk melakukan perulangan yang tidak diketahui jumlah perulangannya. untuk nilai awal juga dideklarasikan serta diinisalisasikan di luar perulangan.
$angka = 5;
while($angka–){
echo $angka.” “;
}
akan menghasilkan : 6 5 4 3 2 1

3. do while
penulisannya :
do {
statment / perintah yang diulang
}while(kondisi syarat);
berbeda dengan while yang lebih dulu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi baru kemudian melakukan perulangan apabila kondisi bernilai true / benar, do while melakukan perintah terlebih dahulu, baru kemudian melakukan pemeriksaan kondisi syarat. apabila kondisi bernilai true, maka perulangan dilakukan lagi, tapi jika bernilai salah, maka perulangan dihentikan.
contoh :
$angka = 0;
do {
echo $angka.” “;
}while($angka–);
hasilnya : 0
walaupun nilai awalnya adalah 0 (false), ketika menggunakan do while, angka 0 tetap ditampilkan (tetap terjadi 1 perulangan). Setelah perintah dijalankan, baru kemudian dicek kondisinya dan ternyata false / salah (angka = 0). maka perulangan dihentikan.