Pemrograman, Uncategorized

Belajar Pemrograman : Array Dua Dimensi

Posted by Andika Saputra on 14 Januari 2014

Selamat berjumpa lagi di postingan terbaru kali ini. Kali ini kita masih belajar dasar pemrograman menggunakan bahasa C. Kita akan fokus ke Array Dua Dimensi. Setelah pada postingan sebelumnya kita beljar tentang array.

Pada dasarnya, array dua dimensi tidaklah jauh berbeda dengan array biasa seperti pada postingan sebelumnya. Hanya saja, dalam array dua dimensi terdapat lebih dari satu index, yaitu dua buah index seperti namanya (dua dimensi).

Array dua dimensi dapat di ibaratkan seperti sebuah tabel yang mempunyai kolom dan baris. Untuk pendeklarasiannya, kita harus menentukan banyaknya baris serta banyaknya kolom dalam array dua dimensi tersebut. Sedangkan dalam pengaksesannya atau dalam memberi nilai kepada sebuah cell (seperti dalam MS Excel) kita harus menentukan index baris dan index kolom.

Baca Juga:  BNI Syari'ah TabunganKu, Tabungan Cocok Untuk Pelajar

Untuk pendeklarasiannya :
tipe_data nama_variabel[panjang baris][panjang kolom];
Misalkan untuk int lulusan[5][3]; berarti array lulusan bertipe data integer serta memiliki 5 baris dan 3 kolom.

Sedangkan untuk pengaksesannya masih sama dengan pendeklarasian, yaitu dengan menyertakan index baris dan index kolom. Misalkan untuk mengakses data pada index baris 0 dan index kolom 2 (index dimulai dari 0), maka bisa dituliskan :
int data = lulusan[0][2];

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut.

array dua dimensi

Dari gambar di atas kita bisa melihat terdapat sebuah array dengan tipe data integer memiliki banyak baris sejumlah 3 dan kolom sejumlah 4.

Itulah sedikit penjelasan tentang array dua dimensi dalam bahasa pemrograman C. Semoga dapat berguna bagi pembaca sekalian.

Baca Juga:  Cara Rubah Tampilan Android Menjadi Windows Phone 8